Jumat, 28 September 2012

TASK 12 PTI



MOBILE LEARNING (m-learning)

A.      PENGERTIAN
Mobile learning didefinisikan  oleh Clark Quinn (2000) sebagai berikut : “The intersection of mobile computing and e-learning: accessible resources wherever you are, strong search capabilities, rich interaction, powerful support for effective learning, and performance-based assesment. E-Learning independent of location in time or space.” Berdasarkan definisi tersebut maka m-learning yang dimaksud adalah suatu model pembelajaran yang memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi, sehingga materi ajar dapat diakses setiap saat dan disajikan dengan visualisasi yang menarik.                                                                                                                                      Di pihak lain Ally (2004) menambahkan bahwa m-learning merupakan penyampaian bahan pembelajaran elektronik pada alat komputasi mobile agar dapat diakses darimana saja dan kapan saja. Pada umumnya perangkat mobile berupa telepon seluler digital dan PDA yang biasa dipakai untuk m-learning, namun pada umumnya perangkat apapun yang berukuran cukup kecil,bekerja sendiri, dapat dibawa setiap waktu dalam kehidupan sehari-hari, dan yang dapat digunakan dalam beberapa bentuk pembelajaran. Perangkat kecil ini dapat dilihat sebagai alat untuk mengakses konten, baik disimpan secara lokal pada perangkat maupun dapat dijangkau melalui interkoneksi. Selain itu juga perangkat ini dapat menjadi alat untuk berinteraksi dengan orang lain, baik melalui suara, maupun saling bertukar pesan secara tertulis,gambar diam dan gambar bergerak.
B.      SYARAT-SYARAT PEMB ELAJARAN MOBILE  LEARNING
Dari definisi tersebut diatas, setidaknya terdapat beberapa persyaratan yang harus dipenuhi untuk metode pembelajaran mobile  learning, diantaranya :
1.       Kegiatan pembelajaran dilakukan melalui pemanfaatan jaringan/koneksi internet, dalam hal ini bisa memanfaatkan jaringan LAN atau WLAN.
2.       Tersedianya dukungan layanan belajar yang dapat dimanfaatkan oleh siswa seperti  ponsel/HP atau bahan cetak
3.       Tersedianya dukungan layanan tutor yang dapat membantu siswa jika mengalami kesulitan.
C.      FUNGSI DAN MANFAAT MOBILE LEARNING
Ada beberapa fun gsi  mobile learning dalam kegiatan pembelajaran didalam kelas, diantaranya adalah :
1.       Sebagai suplemen (tambahan)
Maksudnya sebagai suplemen (tambahan) adalah peserta didik diberi kebebasan memilih apakah akan memanfaatkan materi mobile learning atau tidak. Sekalipun sifatnya opsional,peserta didik yang memanfaatkannya  tentu akan memiliki tambahan pengetahuan atau wawasan.
2.       Sebagai komplemen (pelengkap)
Maksudnya materi pembelajaran dalam mobile learning digunakan untuk melengkapi materi pembelajaran yang diterima peserta didik didalam kelas, sehingga materi mobile learning bisa dimanfaatkan sebagai materi penguatan (reinforcement) atau remedial.
3.       Sebagai Substitusi (pengganti)
Materi pembelajaran yang menggunakan mobile learning bisa dimanfaatkan sebagai pengganti materi yang disampaikan didalam kelas (konvensional), sehingga para peserta didik bisa memanfaatkannya diluar kelas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar