Selasa, 02 Oktober 2012

TASK 14 PTI



PERANAN TI DALAM DUNIA PENDIDIKAN


            Globalisasi telah memicu kecenderungan pergeseran dalam dunia pendidikan dari pendidikan tatap muka yang konvensional ke arah pendidikan yang lebih terbuka. Dengan masuknya pengaruh globalisasi, pendidikan masa mendatang akan lebih bersifat terbuka dan dua arah, beragam, multidisipliner, serta terkait pada produktivitas kerja saat itu juga dan kompetitif. Kecenderungan dunia pendidikan di Indonesia dimasa mendatang adalah :
1.      Berkembangnya pendidikan terbuka dengan modus belajar jarak jauh (Distance Learning).
2.      Sharing resouces bersama antar lembaga pendidikan/latihan dalam sebuah jaringan.
3.      Perpustakaan dan instrumen pendidikan lainnya (guru,laboratorium) berubah fungsi menjadi sumber informasi daripada sekedar rak buku.
4.      Penggunaan perangkat Teknologi Informasi Interaktif, seperti CD-ROM multimedia, dalam pendidikan secara bertahap menggantikan TV dan Video.
Berdasarkan wacana kecenderungan perkembangan dunia pendidikan tersebut diatas maka dengan  adanya perkembangan teknologi informasi dalam bidang pendidikan, saat ini sudah dimungkinkan untuk diadakan belajar jarak jauh dengan menggunakan media internet untuk menghubungkan antara mahasiswa dengan dosennya/guru dengan siswanya, melihat nilai belajar secara online, mengecek keuangan, melihat jadwal kuliah, mengirimkan berkas tugas, semuanya itu sudah dapat dilakukan. Menurut Rosenberg (2001), dengan berkembangnya penggunaan Teknologi Informasi dan Komunikasi akan terdapat 5 pergeseran dalam proses pembelajaran, yaitu :
1.      Dari pelatihan ke penampilan
2.      Dari ruang kelas ke dimana dan kapan saja
3.      Dari kertas ke “on line” atau saluran
4.      Fasilitas fisik ke fasilitas jaringan kerja
5.      Dari waktu siklus ke waktu nyata.
Komunikasi sebagai media pendidikan dilakukan dengan menggunakan media-media komunikasi seperti telepon, komputer, internet, e-mail dan sebagainya. Interaksi antara guru dan siswa tidak hanya dilakukan melalui hubungan tatap muka tetapi juga dilakukan dengan menggunakan media-media tersebut .
            Akan tetapi ada beberapa unsur  yang  harus menjadi bahan pertimbangan ketika suatu pendidikan dilakukan dengan berbasis web atau teknologi informasi :
1.      Adanya pusat kegiatan siswa yang berfungsi sebagai community web based distance learning.
2.      Adanya interaksi dalam group.
3.      Adanya sistem administrasi mahasiswa yang efektif dan efesien.
4.      Adanya pendalaman materi dan ujian
5.      Adanya perpustakaan digital
6.      Adanya materi on line diluar materi kuliah.
Untuk mewujudkan ide dan keinginan diatas dalam bentuk suatu realitas bukanlah suatu pekerjaan yang mudah, bukanlah hanya skill yang dimiliki oleh para engineer yang diperlukan, tapi juga berbagai kebijaksanaan dalam bidang pendidikan sangat mempengaruhi perkembangannya. Lebih jauh Soekartawi (2003) menyatakan bahwa untuk mencapai pemanfaatan teknologi informasi dalam dunia pendidikan secara optimal, maka diperlukan beberapa faktor yang perlu dipertimbangkan :
1.      Infrastruktur
2.      Sumber daya manusia
3.      Kebijakan
4.      Finansial, dan
5.      Konten serta aplikasi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar