JAWABAN UTS PTI
ANGKATAN 6 (KODE SOAL 17)
1.
PENGERTIAN
TEKNOLOGI INFORMASI
Teknologi Informasi merupakan
teknologi yang menggabungkan antara teknologi komputer dan teknologi
telekomunikasi , yang mampu membantu seseorang untuk melakukan proses
pengolahan dan penyimpanan data mentah
menjadi sebuah informasi yang berbentuk data,video maupun suara (Haag
dan Keen,1996), untuk kemudian data hasil olahan tersebut yang berupa
informasi tadi disebarluaskan lewat
berbagai media telekomunikasi (Martin,1999).
Sehingga dengan adanya teknologi
informasi seseorang tak hanya bisa sebatas mengolah dan menyimpan data dan
informasi,akan tetapi bisa take and give
atau sharing data dan informasi
dengan orang lain.
2.
PENGERTIAN
KOMPUTER
Komputer yang berasal dari bahasa latin computare yang artinya menghitung,
merupakan seperangkat alat/mesin penghitung elektronik (Hamacher) yang mampu melakukan proses penerimaan dan pengolahan
input data menjadi sebuah out put data yang berupa informasi (Blissmer,1985), melalui berbagai serangkaian
perintah/instruksi yang terprogram dalam
sebuah memori (stored program). Secara sederhana bisa dikatakan bahwa terdapat
3 unsur penting dalam istilah komputer yakni terdapat input (yang berupa data),
pengolahan data/input tersebut, dan out put (yang berupa informasi).
3.
PIRANTI/PERANGKAT
KOMPUTER
Piranti/Perangkat komputer memiliki dua
bagian yaitu hardware (perangkat/piranti keras) dan software (perangkat/piranti
lunak).
·
HARDWARE
KOMPUTER
Yang dimaksud dengan hardware adalah peralatan dan perlengkapan di sebuah sistim
komputer yang secara fisik dapat kelihatan dan dapat disentuh.
secara garis besar perangkat keras
(hardware) komputer terbagi ke dalam 4 kategori yaitu :
a. Input
Devices
b. Central
Processor Unit (CPU)
c. Backing
Storage
d. Output
Devices
Input dan output devices merupakan
perangkat yang dikelompokkan disisi luar chasing komputer seperti
keyboard,mouse,screen,printer,speaker dan light pen. Sedangkan backing storage
dan CPU merupakan perangkat yang dikelompokkan didalam casing utama komputer seperti
hard disk,motherboard,sound card,memory, vga,drive optic,power supply dan
processor.
·
SOFTWARE
KOMPUTER
Yang dimaksud dengan software adalah berbagai program-program komputer yang berisikan
perintah untuk membantu melakukan proses olah data menjadi sebuah informasi.
Fungsi
software terbagi kedalam 3 bagian :
a.
mengatur Input atau Output (I/O) dari PC
b.
menyediakan dan mengatur serta memerintahkan
hardware agar dapat berjalan dengan baik
c.
menjalankan perintah-perintah tertentu seperti
menggambar, memutar musik atau film.
Diliat dari jenisnya maka software terbagi ke dalam 3 bagian yakni : software
berbasis firmware (BIOS), software berbasis sistem operasi (windows,linux) dan
software berbasis aplikasi (contoh photoshop,winamp,winzip dll).
4.
PEMROGRAMAN
Pemrograman
komputer dilakukan dengan satu alasan
bahwa ketika seseorang berkomunikasi dengan komputer maka dia mesti ngerti
bahasa komputer. Sehingga dengan demikian akan terjadi komunikasi dua arah yang
saling menguntungkan. Jadi bahasa pemograman adalah teknik komunikasi standard
untuk mengekspresikan instruksi kepada komputer. Bisa juga dikatakan bahwa
bahasa pemrograman merupakan fasilitator bagi programmer untuk memberi
instruksi kepada komputer apa yang mesti diperbuat selanjutnya setelah data di proses,disimpan
dan dikirim.
Terdapat
3 kategori bahasa pemrograman:
a. Ada
bahasa pemrograman tingkat tinggi yang memiliki ciri-ciri khas yang mudah
dimengerti oleh programmer,karena ada kedekatannya dengan bahasa sehari-hari. Istilah bahasa pemrograman seperti
ini disebut bahasa compiler.
b. Ada
bahasa pemrograman tingkat menengah dimana penggunaan instruksinya sudah
mendekati bahasa sehari-hari walaupun masih agak sulit dimengerti, hal ini
dikarenakan bahasanya masih menggunakan bahasa singkatan-singkatan. Istilah
bahasa pemrograman seperti ini disebut bahasa
fortran.
c. Tingkat
bahasa pemrograman berikutnya adalah pemrograman bahasa tingkat rendah yang
termasuk pemrograman bahasa generasi pertama.
Jenis bahasa pemrograman ini masih sangat sulit dimengerti karena
bahasanya masih murni menggunakan bahasa mesin , atau yang dikenal dengan
sebutan bahasa pemrograman assembler.
5.
MULTIMEDIA
PEMBELAJARAN
Pembelajaran
merupakan proses komunikasi dua arah antara guru selaku pendidik dan siswa
selaku peserta didik. Dalam proses komunikasi tersebut guru selaku pendidik
bertugas untuk memberikan bimbingan dan stimulus (rangsangan) kepada siswa agar
timbul respon yang positif sehingga menimbulkan dorongan terciptanya proses
belajar mengajar yang diharapkan (Willian
H. Burton).
Respon
siswa biasanya akan timbul manakala stimulus dalam proses belajar mengajar yang
dilakukan oleh guru tidak monoton dengan metode ceramah,akan tetapi didukung
pula oleh berbagai ragam media pembelajaran yang atraktif. Sehingga dengan
adanya media pembelajaran tersebut diharapkan efesiensi dan efektifitas dalam
pencapaian tujuan pembelajaran dapat sepenuhnya tercapai.
Multimedia
pembelajaran merupakan pilihan yang tepat untuk mendukung kedua pemikiran
diatas,karena multimedia merupakan seperangkat alat yang dapat menciptakan
presentasi yang dinamis dan interaktif yang mengkombinasikan
teks,grafiks,animasi,audio dan video (Robin
dan Linda,2001). Dengan adanya dukungan multimedia pembelajaran maka proses
mengajar akan mudah diserap siswa, dan keterlibatan siswa dalam belajar pun
akan sangat dinamis dan atraktif.
Secara
garis besar media pembelajaran terbagi kedalam 3 kategori:
·
media audio yakni media pembelajaran yang hanya
dapat didengar saja atau yang memiliki unsur suara seperti radio atau rekaman
suara.
·
media visual yakni media pembelajaran yang hanya
dapat dilihat saja dan tidak didukung dengan unsur suara seperti
gambar,lukisan,photo dan sebagainya.
·
media audio visual yakni media pembelajaran yang
mengandung unsur suara dan dapat dilihat seperti rekaman video,film dan
sebagainya.
ketiga jenis media pembelajaran tersebut dapat digunakan oleh guru dan
siswa untuk kelancaran proses pembelajaran, baik yang dirancang dengan sengaja
untuk satu pelajaran tertentu (by designed) maupun dengan sengaja memanfaatkan
fasilitas yang sudah ada ( by utilization).
6.
INTERNET
DAN PROSES PEMBELAJARAN
Secara
umum internet merupakan sumber daya informasi (Lani Sidharta,1996) yang
mengandung data base atau perpustakaan multimedia yang sangat besar dan
lengkap. Oleh sebab itulah internet juga dipandang sebagai dunia dalam bentuk
lain atau dunia maya, karena hampir seluruh aspek kebutuhan hidup manusia ada
dalam internet. Mulai dari kebutuhan akan berita dan informasi,gaya hidup,
bisnis,ilmu dan hiburan, bahkan sampai kepada transaksi dan sosial.
Dengan
penyediaan fasilitas internet yang serba bisa,serba ada,serba instan dan cepat
ini, maka internet juga bisa digunakan untuk menunjang pembelajaran disekolah.
Hal ini disamping karena teknologi internet yang memberi keleluasaan dan
kemudahan dalam menggali ilmu pengetahuan yang dibutuhkan setiap guru dan
siswa, di sisi lain karena tuntutan kurikulum pendidikan yang sekarang (kur.
2004/2006).
Dalam
kurikulum tersebut dikatakan bahwa kegiatan pembelajaran harus berpusat pada
peserta belajar atau siswa, tidak lagi didominasi oleh guru dan selalu
bersumber pada guru. Bahkan Fred S.
Keller seorang teknolog pendidikan di era tahun 60-an mengkritik habis
habisan terhadap kegiatan pembelajaran yang masih bersifat konvensional (berpusat
pada pengajar/guru). Menurut dia setiap siswa harus diberi kemandirian
seluas-luasnya untuk belajar dengan memanfaatkan berbagai sumber belajar.
Sehingga guru selaku pengajar hanya sekedar fasilitator dan motivator saja
dalam proses pembelajaran. Maka wajarlah kalau teknologi internet dipakai
sebagai salah satu sumber belajar dalam kegiatan pembelajaran, untuk
mempermudah pencapaian tujuan pembelajaran.
7.
SPEAKER
Speaker
atau yang dalam bahasa indonesianya disebut dengan pengeras suara adalah sebuah
perangkat elektronik yang mengahsilkan bunyi,dimana sinyal listrik diubah
menjadi sinyal audio.
ada
beberapa macam speaker menurut bunyi yang akan dihasilkan :
* Tweter adalah jenis speaker ini akan
menghasilkan bunyi pada frekuensi tinggi (treble).
* Midrange, speaker yang ini akan menghasilkan bunyi pada frekuensi tengah (middle).
* Woofer, speaker jenis ini menghasilkan bunyi pada frekuensi rendah (bass).
* Midrange, speaker yang ini akan menghasilkan bunyi pada frekuensi tengah (middle).
* Woofer, speaker jenis ini menghasilkan bunyi pada frekuensi rendah (bass).
8.
PLOTER
Ploter merupakan alat sejenis printer yang
digunakan untuk mencetak gambar atau grafik berukuran besar. Dengan menghubungkan ploter
ke komputer maka pelbagai bentuk gambar akan disajikan secara prima.
9.
CPU
CPU
(Central Processor Unit) atau perangkat/pengolah data dalam komputer merupakan
otak bagi sebuah sistim komputer, hal ini dikarenakan tugas dari CPU itu
sendiri adalah mengawal dan melaksanakan keseluruhan operasi komputer sehingga
hampir keseluruhan pemikiran dilaksanakan oleh CPU.
CPU memiliki 3
komponen utama yang merupakan bagian tugas utamanya yaitu unit kendali (Control
Unit – CU) , unit aritmetika dan logika (Aritmetic and Logic Unit – ALU) serta
komponen register yang berfungsi membantu melakukan hubungan (interface) dari
dan ke memori.
10.
BOOLEAN SEARCHING OPERATOR
Boolean
searching operator merupakan salah satu searc h engine dalam internet yang berguna
untuk mempersempit,memperluas atau memperjelas
pencarian sesuatu hal dalam mesin pencari.
Untuk
mendukung tugasnya boolean searching operator menggunakan kata-kata operator
AND,operator NOT dan operator OR. Secara lebih jauh dijelaskan sebagai berikut
:
·
Operator AND diletakkan di antara kata kunci yang gunakan dalam
penelusuran, fungsinya adalah untuk mempersempit hasil pencarian. Misalnya,
Filsafat AND Islam, akan mempersempit penelusuran, sehingga akan memperoleh
hanya situs-situs yang mengandung kata Filsafat dan Islam di dalamnya.
·
Meletakkan operator OR di antara kata kunci berarti akan memperluas hasil
pencarian . Misalnya, Filsafat OR Islam, akan menelusur situs-situs yang
mengandung salah satu atau kedua kata tersebut di dalamnya.
·
Operator NOT juga untuk mempersempit hasil pencarian. Misalnya, Filsafat
NOT Islam, berarti akan mencari situs-situs yang mengandung kata Filsafat,
tetapi tidak mengandung kata Islam. (Beberapa mesin pencari menggunakan
operator AND NOT)Tiap-tiap search engine memiliki cara yang berbeda dalam
menerapkan teknik penelusuran dengan menggunakan operator Boole ini. Untuk
mengetahuinya harus diperiksa pada petunjuk atau pedoman di masing-masing
search engine.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar